Menampilkan Bidang Diagonal Kubus dengan Geogebra

Mempelajari unsur-unsur kubus atau balok menjadi sangat mudah dan menyenangkan dengan bantuan software Geogebra. Pengalaman ini didapat oleh siswa kelas 8.1 yang mengalami langsung belajar unsur-unsur balok atau kubus menggunakan aplikasi geogebra tersebut. Berbekal banyaknya peserta didik yang sering membawa laptop ke se sekolahan dan penguasaan IT yang memadai, guru merancang pembelajaran tentang unsur-unsur bangun ruang sisi datar menggunakan komputer. Dari 25 peserta didik yang ada dikelompokkan menjadi 5 kelompok. Siswa menentukan sendiri anggota kelompoknya, guru hanya memberikan rambu-rambu setiap kelompok terdiri atas 3 puteri dan 2 putera serta
diusahakan agar dalam satu kelompok setidaknya ada 2 laptop, jadi diusahakan agar peserta didik yang memiliki laptop tidak mengelompok dalam satu kelompok.
Satu pekan sebelum pelaksanaan pembelajaran, guru menginformasikan agar peserta didik menginstal laptopnya dengan aplikasi geogebra, yang bisa didapat dari situs resminya maupun dari blog guru. Pada saat pembelajaran dilaksanaakan, pada tahap awal guru memperkenalkan cara menggunakan menu dasar aplikasi geogebra untuk menggambar unsur-unsur balok. Selanjutnya siswa secara berkelompok berekplorasi untuk menemukan dan memvisualkan unsur-unsur balok yang meliputi: sisi, rusuk, titik sudut, diagonal bidang, diagonal ruang, dan bidang diagonal. Pada akhir pembelajaran masing-masing kelompok mempresentasikan hasil kerjanya dan kelompok yang lain menanggapinya. Hasil kerja dari masing-masing kelompok sebagai berikut :

0 comments:

Post a Comment